Jumat, 09 Januari 2015

I LA GALI GO - NOMINATOR CERITA TERPANJANG DI DUNIA

Kamis, 21 April 2011, Benteng Roterdam - Kota Makssar, Sulawesi Selatan.

I LA GALI GO, adalah salah satu cerita panjang di dunia, dan Opera I LA GALI GO sudah ditampilkan di beberapa negara yang diproduseri oleh Produser Amerika, dan Co-Produser dari Itali.

Ketika I LA GALI GO sudah dikenal di beberapa manca negara, maka Produser Amerika membawa Opera I LA GALI GO pulung dan kembali ke negerinya di Sulawesi Selatan, dimana Tokoh I LA GALI GO adalah Saweri Gading, yang merupakan tokoh utama dan buyut dari lahirnya KEDATUAN LUWU, yang kemudian lahirnya KERAJAN GOWA dan KERAJAAN BONE di Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan terhormat dalam prosesnya akan digelarnya opera I LA GALI GO, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan menempatkan pagelaran opera tersebut di Benteng Roterdam - Kota Makassar, dan selaku pemilik dari I LA GALI GO adalah KEDATUAN LUWU, yang mengundang Raja Samu Samu VI - YM. Upu Latu M. L. Benny Ahmad Samu Samu, Sultan Sepuhb XIV KEraton Kasepuhan Cirebon - YM. P.,R.A. Arief Natadiningrat, dan KESULTANAN BANTEN - YM. Tubagus ISmetullah Al-Abbas.

Dalam Buku Turek (Buku Riwayat I LA GALI GO, yang ditulis dalam huruf Lontara), antara lain diceritakan bahwa Saweri Gading, datang ke Maluku dan belajar Ilmu di Maluku sebelum Saweri Gading melakukan perjalan pelayarannya mengelilingi Nusantara
sampai ke Negeri Cina.
Kehadiran Raja Samu Samu VI yang diundang oleh Kedatuan Luwu, memang disengaja dikarena ada hubungan dalam riwayat I LA GALI GO tersebut, di mana Moyang Raja Samu Samu yang tinggal di Negeri Abubu - Pulau Nusa Laut, saat itu dikenal sebagai Petarung Tangguh Lautan, dan di Negeri Abubu terdapat Pusa Pulu atau dalam bahasa Indonesia umumnya adalah PUSAT PULAU, di mana di PUSA PULU banyak orang menggali ilmu yang positif untuk keperluan bertarung dalam peperangan dan/atau perjalanan dan keperluan lainnya. Maka diketahui bahwa terdapat hubungan dalam sejarah yang diriwayatkan dalam Buku Turek I LA GALI GO yaitu persaudaraan diantara leluhur (orang tua tua dolo) dari Kedatuan Luwu Sulawesi Selatan keturunan dari Saweri Gading dengan Moyang Raja Samu Samu dari Maluku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar