Kamis, 16 September 2010

PULAU SAMU SAMU (SAMU SAMU ISLAND)

GAMBAR: Tanda Merah adalah lokasi letaknya "SAMU SAMU ISLAND" PAPUA NEW GUINEA (Luas: 64 KM2=8x8 KM2=40 Ml2).
Hanya Tuhan yang mengetahui maksudnya dan kehendak'Nya; maka pada hari Rabu, 15 September 2010 lalu, P.M.A. Kepulauan Kisar - YM. Boetje Balthazar berbicara melalui telephone Seluler dengan Raja Samu Samu VI - YM. Upu Latu M.L. Benny A. Samu Samu; yaitu mengenai ada beberapa berita tentang Raja Samu Samu VI di media Google, dan YM. Boetje Balthazar meminta agar YM. Raja Samu Samu VI dapat membuka dan melihat berita yang ada di media Google tersebut. Ternyata setelah Raja Samu Samu VI membuka dan melihat berita yang ada di media Google memang benar banyak yang mengangkat berita maupun cerita tentang Raja Samu Samu VI. Namun dari rasa ingin mengetahui berita maka di dapatlah suatu berita dari "iTouchMap" mengekspos "SAMU SAMU ISLAND, PAPUA NEW GUINEA", dimana dalam berita tersebut Pemerintah Negara PAPUA NEW GUINEA menawarkan kepada khayak umum untuk memanfaatkan potensi yang ada di "SAMU SAMU ISLAND, PAPUA NEW GUINEA", dari penelusuran lokasi melalui "iTouchMap" "SAMU SAMU ISLAND, PAPUA NEW GUINEA" diperkirakan dengan luas: 64 KM2 (8 x 8 KM2) = 40 Ml2. "SAMU SAMU ISLAND, PAPUA NEW GUINEA" terletak di atas sebelah Timur dari PULAU PAPUA NEW GUINEA.

Dalam pendapat dan wacana Raja Samu Samu VI - YM. Upu Latu M.L. Benny A. Samu Samu, yaitu;
1) Apakah ada hubungan antara nama "SAMU SAMU" dari Negeri Abubu - Maluku, Indonesia dengan nama sebuah Pulau "SAMU SAMU" di dalam wilayah Negara PAPUA NEW GUINEA ?

2) Apakah ada manusia yang tinggal di "SAMU SAMU ISLAND, PAPUA NEW GUINEA" ? dan bila ada manusia yang tinggal di sana, apakah ada yang memakai nama "SAMU SAMU" ?

3) Apakah ada kemungkinan Raja "SAMU SAMU" pada saat diantara abad XV - XVIII melakukan perjalanan menjelajah laut, hingga sampai di suatu Pulau yang saat ini di sebut "SAMU SAMU ISLAND, PAPUA NEW GUINEA" ? Karena Raja Samu Samu I dizaman saat itu sangat dikenal sebagai Pelaut Tangguh atau Petarung Laut; dan nama "SAMU SAMU" mempunyai arti yaitu "SA = asal kata dari: ASA; artinya Esa atau Tunggal atau Pencipta" MU = asal kata dari: UMU; artinya Manusia atau orang atau Hamba Pencipta", dan "SAMU = asal kata dari; SAMUDRA". Jadi bila dirangkumkan kata - kata tersebut menjadi "SAMU SAMU" yang artinya: Hamba Pencipta Samudra" atau "PETARUNG SAMUDRA" atau "PELAUT TANGGUH", dan letak "SAMU SAMU ISLAND, PAPUA NEW GUINEA" bila ditarik jarak ukur tidak jauh dari wilayah Maluku. Kapata (Riwayat/Cerita) Moyang Raja Samu Samu : Pada tahun 1520 diatas perairan Maluku; Raja Samu Samu pernah membantu Kesultanan Ternate dalam pertempuran melawan tentara Portugis, dan ada beberapa Katapa Moyang Raja Samu Samu; lainnya (sudah diberitakan dan diceritakan pada Laman Awal dalam Website ini sebelumnya).

Maka dengan telah diketahui ada "PULAU SAMU SAMU" atau "SAMU SAMU ISLAND" yang berada di dalam wilayah Negara PAPUA NEW GUINEA, ada baiknya dan tidak ada salahnya apabila Raja Samu Samu VI - YM. Upu Latu M.L. Benny A. Samu Samu, rencana akan melakukan penelusuran dan penelitian langsung ke "PULAU SAMU SAMU" di wilayah Negara PAPUA NEW GUINEA, guna mendapat keterangan apakah ada kemungkinan tentang jejak Sejarah Raja Samu Samu yang sebelumnya datang ke Pulau tersebut, dan mencari keterangan apakah ada kemungkinan adanya masyarakat yang berada di "SAMU SAMU ISLAND, PAPUA NEW GUINEA" dengan memakai nama keluarga (Fam) "SAMU SAMU".

Namun rencana kunjungan penelusuran dan penelitian dimaksud dengan maksud dan tujuan hanya untuk memperoleh keterangan "ada atau tidaknya hubungan SAMU SAMU yang berasal dari Maluku dengan nama "SAMU SAMU ISLAND yang berada di dalam wilayah Negara PAPUA NEW GUINEA", dan pada prinsipnya tidak ada maksud lain kecuali yang telah dijelaskan tersebut diatas, sehingga semua pihak tidak ada yang meragukan dan atau mengkawatirkan rencana kunjungan penelusuran dan penelitian Raja Samu Samu VI bersama rombongan. Bahwa rencana Raja Samu Samu VI - YM. Upu Latu M.L. Benny A. Samu Samu, akan meminta bantuan kepada Yth. Presiden Republik Indonesia - YM.DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono; yang sangat peduli terhadap "JEJAK PERADABAN DAN KEKAYAAN KEBUDAYAAN BANGSA INDONESIA", dan juga akan melibatkan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), serta Lembaga Pelestarian dan Pengembangan Adat Maluku (LEPPA - MALUKU).

Apabila kemudian kunjungan penelusuran dan penelitian memberikan hasil positif, maka bukan hanya keluarga besar "SAMU SAMU" dan seluruh masyarakat Maluku saja yang mempunyai Sejarah, tetapi Bangsa dan Negara Republik Indonesia - akan menambah perbendaharaan dan kekayaan Sejarah Peradaban Nusantara - Indonesia.. Oleh karena itu dengan segala hormat Raja Samu Samu VI - YM. Upu Latu M.L. Benny A. Samu Samu; memohon do'a dan dukungan dari semua pihak, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Maluku, dan seluruh masyarakat Maluku maupun seluruh Bangsa Indonesia. Demikian pula Raja Samu Samu VI - YM. Upu Latu M.L. Benny A. Samu Samu; memohon bantuan dan dukungan kepada Pemerintah Negara PAPUA NEW GUINEA kiranya berkenan dan memberikan ijin serta fasilitas selayaknya dalam menunjang rencana kunjungan Penelusuran dan Penelitian "JEJAK SEJARAH RAJA SAMU SAMU DAN PULAU SAMU SAMU, PAPUA NEW GUINEA", karena apabila kemudian memang terjadi adanya hubungan, maka baik langsung maupun tidak langsung "TALI PERSAUDARAAN ANTARA BANGSA INDONESIA DENGAN BANGSA PAPUA NEW GUINEA LEBIH ERAT DAN LEBIH BAIK SERTA LEBIH MAJU" dalam arti yang seluas - luasnya.

4 komentar:

  1. Kepada YTH; Seluruh RAKYAT INDONESIA dan siapapun yang nantinya terpilih sebagai PEMIMPIN BANGSA,agar supaya masalah ini harus diperhatikan karena ini berkaitan dengan SEJARAH PERJALANAN BANGSA,lebih khusus lagi bagi SELURUH MASYARAKAT MALUKU,,,,,,,,,,,
    *************************INDONESIA MAJU***************************
    (aaronnoesalaut07@.gmail.com).

    BalasHapus
  2. KEPADA YTH:
    SELURUH MASYARAKAT MALUKU, DAN LEBIH KHUSUS BAGI MASYARAKAT DI NEGERI ABUBU NUSALAUT.
    (mari katong samua bersama sama dengan Pememerintah daerah maupun Pemerintah Pusat,
    untuk menyatakan SIKAP dan MENDUKUNG apa yang diperjuangkan oleh Raja SAMU SAMU VI-
    YM.UPU LATU M.L.Benny A.SAMU SAMU, *******aaronnoesalaut07.@.gmail.com).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, beta sangat bersyukur dan berterima kasih kepada basudara Anak Adat Negeri Abubu, untuk mao ambil sikap dan dukungan kepada beta. Untuk menambah berita bahwa beta sudah melakukan komunikasi deng Gandong - Gandong yang su sampe di Pulau Samu Samu di Timur Pulau Papua, yang sekarang dalam wilayah kedaulatan Negara Papua New Guinea, dan saat 2010 beta dapat berita kebenaran Pulau Samu Samu ini, dan ditahun 2018 beta mendapat konfirmasi dari beberapa Anak Buah Kapal (ABK) yang sering melintas Pulau Samu Samu itu. Jadi beta senang basudara Anak Adat Negeri mao bikin bae diantara katong semua. Tuhan senantiasa memberkati katong semua. Aamiin. (RSS6)

      Hapus
  3. Aamiin, terima kasih basudara, maaf beta baru balas. Semoga Tuhan memberiakti katong smua bagi anak adat Negeri dan seluruh anak adat Maluku. (RSS6)

    BalasHapus