Selasa, 14 September 2010

RAJA SAMU SAMU IV dan RAJA SAMU SAMU V DE LAATSTSE VAN KONING STAMBOOM ABUBU - NUSA LAUT MALUKU

Gambar foto: nomor 2 dari kanan: Raja Samu Samu IV (pakai Jas dengan ciri khas Rambut Putih) dan nomor 5 dari kanan: adik kandung kemudian menjadi Raja Samu Samu V (pakai Batik lengan panjang mengenakan Kopiah/Songko hitam berkaca mata Coklat), serta nomor 4: Permaisuri (istri) Raja Samu Samu V (adik ipar Raja Samu Samu IV mengenakan Kebaya Hijau dan berkata mata coklat)
Ketika Perang Aceh usai; Raja Samu Samu III - YM. Upu Latu M.M. Samu Samu (Almarhum) bersama Raja - Raja dari Maluku dan masyarakat Maluku masuk di sebelah Timur Batavia, yang daerah tersebut akhirnya dikenal dengan sebutan "KAMPOENG AMBON", dan saat Kesultanan Banten untuk memperkuat ketahanan wilayah dan mendapat bantuan dari Raja Samu Samu III; maka dijalin tali ikatan keluarga dengan dinikahkannya Putra Tertua (anak sulung) Raja Samu Samu III yang bernama Williem Samu Samu (Bing) yang kemudian menjadi Raja Samu Samu IV (Almarhum) dengan cucu Sultan Banten yang bernama Siti Sundari (Rike); yang sangat dikenal sebagai PEREMPUAN JAGO di Banten.

Karena Raja Samu Samu IV dalam pernikahannya tidak dikaruniakan anak, pada tahun 1976 ketika Raja Samu Samu IV sakit dirawat di Rumah Sakit Umum Serang (di dekat Alun - Alun Kota Serang, Banten), saat itu kumpul seluruh keluarga besar Samu Samu dari Jakarta dan Ambon selama dirawatnya Raja Samu Samu IV atau yang dikenal bagi orang Banten adalah dengan sebutan TUAN GEDE atau BAPAK GEDE.

Saat - saat terakhir Raja Samu Samu IV - YM. Upu Latu W.B. Samu Samu memanggil adik kandungnya yaitu S.P. Samu Samu (yang akhirnya menjadi Raja Samu Samu V) yang bertempat tinggal di Jalan. Kramat 7/No. 5. Jakarta Pusat dan bertempat tinggal di Kompleks. Angkatan Darat. Jalan. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat, ketika Raja Samu Samu IV memanggil adik kandungnya meminta agar mencatat semua apa yang diucapkan dan akan dikatakan oleh Raja Samu Samu IV kepada adik kandungnya. Maka adik kandung Raja Samu Samu IV memanggil anak kandungnya yaitu Benny Ahmad Samu Samu; yaitu keponakan dari Raja Samu Samu IV (yang kemudian menjadi Raja Samu Samu VI).


Semua kata yang diucapkan oleh Raja Samu Samu IV kepada adik kandungnya (Raja Samu Samu V) seluruhnya adalah sejarah dan memberitahu barang - barang (benda) peninggalan RAJA SAMU SAMU DE LAATSTSE VAN KONING STAMBOOM ABUBU - NUSA LAUT, MALUKU; dicatat oleh keponakan Raja Samu Samu IV (anak kandung dari Raja Samu Samu V); dalam permintaan Raja Samu Samu IV kepada adik kandungnya (Raja Samu Samu V) yaitu "banyak orang tidak tau kita Raja, jadi nanti kasih tau keluarga Tengkele dan saudara di Ambon" dan da beberapa kata lagi yang tidak boleh diangkat dalam riwayat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar